Pendidikan
Contoh soal matematika kelas 12 semester 1 kurikulum 2013

Contoh soal matematika kelas 12 semester 1 kurikulum 2013

Menguasai Matematika Kelas 12 Semester 1: Panduan Lengkap dengan Contoh Soal Kurikulum 2013

Memasuki jenjang kelas 12, mata pelajaran matematika seringkali menjadi salah satu penentu kelulusan dan keberhasilan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kurikulum 2013, yang masih menjadi acuan utama, menekankan pemahaman konsep yang mendalam serta kemampuan aplikatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Semester 1 kelas 12 biasanya mencakup topik-topik krusial yang menjadi fondasi untuk materi selanjutnya, bahkan untuk ujian masuk perguruan tinggi.

Artikel ini akan mengupas tuntas materi matematika kelas 12 semester 1 berdasarkan Kurikulum 2013, lengkap dengan penjelasan konsep dan contoh soal beserta pembahasannya. Diharapkan, panduan ini dapat membantu para siswa dalam mempersiapkan diri, memahami materi dengan baik, dan meraih hasil yang optimal.

Topik Utama Matematika Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013

Contoh soal matematika kelas 12 semester 1 kurikulum 2013

Pada semester 1 kelas 12, beberapa topik matematika yang umum dibahas meliputi:

  1. Barisan dan Deret: Meliputi barisan dan deret aritmetika, barisan dan deret geometri, serta aplikasi keduanya.
  2. Limit Fungsi: Pengertian limit, sifat-sifat limit, limit fungsi aljabar di tak hingga, dan limit fungsi trigonometri.
  3. Turunan Fungsi: Pengertian turunan, rumus-rumus turunan dasar, turunan fungsi trigonometri, turunan fungsi aljabar, serta aplikasi turunan dalam menentukan titik stasioner, interval kemonotonan, dan nilai maksimum/minimum.
  4. Program Linear: Sistem pertidaksamaan linear, fungsi objektif, serta menentukan nilai maksimum dan minimum dari fungsi objektif pada daerah penyelesaian.

Mari kita bedah setiap topik dengan contoh soal yang relevan.

>

1. Barisan dan Deret

Konsep Dasar:
Barisan adalah urutan bilangan yang memiliki pola tertentu. Deret adalah jumlah dari suku-suku dalam suatu barisan.

  • Barisan Aritmetika: Setiap suku diperoleh dengan menambahkan suku sebelumnya dengan beda (selisih) yang konstan.
    • Rumus suku ke-n: $U_n = a + (n-1)b$
    • Rumus jumlah n suku pertama: $S_n = fracn2(a + U_n)$ atau $S_n = fracn2(2a + (n-1)b)$
  • Barisan Geometri: Setiap suku diperoleh dengan mengalikan suku sebelumnya dengan rasio yang konstan.
    • Rumus suku ke-n: $U_n = ar^n-1$
    • Rumus jumlah n suku pertama: $S_n = fraca(r^n – 1)r-1$ (jika $r > 1$) atau $S_n = fraca(1 – r^n)1-r$ (jika $r < 1$)

Contoh Soal 1:
Diketahui barisan aritmetika dengan suku ke-3 adalah 11 dan suku ke-7 adalah 23. Tentukan suku ke-15 dari barisan tersebut!

Pembahasan Soal 1:
Diketahui:
$U_3 = 11$
$U_7 = 23$

Menggunakan rumus suku ke-n aritmetika:
$U_3 = a + (3-1)b = a + 2b = 11$ (Persamaan 1)
$U_7 = a + (7-1)b = a + 6b = 23$ (Persamaan 2)

Eliminasi Persamaan 1 dari Persamaan 2:
$(a + 6b) – (a + 2b) = 23 – 11$
$4b = 12$
$b = 3$

Substitusikan nilai $b$ ke Persamaan 1:
$a + 2(3) = 11$
$a + 6 = 11$
$a = 5$

Sekarang kita punya suku pertama ($a=5$) dan beda ($b=3$). Kita bisa mencari suku ke-15:
$U_15 = a + (15-1)b = 5 + (14)(3) = 5 + 42 = 47$

Jadi, suku ke-15 dari barisan tersebut adalah 47.

Contoh Soal 2:
Tiga bilangan membentuk barisan geometri. Jika hasil kali ketiga bilangan tersebut adalah 1000 dan hasil kali suku pertama dengan suku ketiga adalah 100, maka tentukan ketiga bilangan tersebut!

Pembahasan Soal 2:
Misalkan ketiga bilangan tersebut adalah $fracar$, $a$, dan $ar$.

Diketahui:
Hasil kali ketiga bilangan: $(fracar) times a times (ar) = 1000$
$a^3 = 1000$
$a = sqrt1000$
$a = 10$

Hasil kali suku pertama dengan suku ketiga: $(fracar) times (ar) = 100$
$a^2 = 100$
$a = sqrt100$
$a = 10$ (Konsisten dengan hasil sebelumnya)

Karena kita sudah mengetahui nilai $a=10$, kita substitusikan ke dalam hasil kali ketiga bilangan untuk mencari $r$:
$(frac10r) times 10 times (10r) = 1000$
$1000 = 1000$ (Ini tidak membantu mencari $r$)

Kita gunakan informasi hasil kali suku pertama dan ketiga:
$(frac10r) times (10r) = 100$
$100 = 100$ (Ini juga tidak membantu mencari $r$)

Mari kita gunakan informasi lain. Misalkan ketiga bilangan tersebut adalah $x, y, z$. Karena membentuk barisan geometri, maka $y^2 = xz$.
Diketahui $xyz = 1000$ dan $xz = 100$.
Substitusikan $xz$ ke persamaan pertama: $y times (xz) = 1000 Rightarrow y times 100 = 1000 Rightarrow y = 10$.
Karena $y=10$ adalah suku tengah, maka $y=a=10$.

Sekarang kita punya suku tengah adalah 10. Misalkan suku pertama adalah $x$. Maka suku ketiga adalah $frac100x$.
Ketiga bilangan tersebut adalah $x, 10, frac100x$.
Karena ini barisan geometri, maka rasio: $frac10x = frac100/x10$.
$frac10x = frac10010x$
$frac10x = frac10x$ (Ini tidak membantu mencari $x$)

Kita kembali ke rumus barisan geometri: suku pertama $a$, suku kedua $ar$, suku ketiga $ar^2$.
Kita sudah tahu suku kedua adalah $a=10$. Jadi, $a = 10$.
Suku pertama adalah $a = 10$.
Suku kedua adalah $ar = 10$. Karena $a=10$, maka $10r = 10 Rightarrow r = 1$.
Suku ketiga adalah $ar^2 = 10(1)^2 = 10$.
Ketiga bilangan tersebut adalah 10, 10, 10.

READ  Contoh soal matematika kelas 12 ips semester 1 beserta jawabannya

Namun, biasanya soal seperti ini mengasumsikan rasio tidak sama dengan 1 agar ketiga bilangan berbeda. Mari kita asumsikan ada kesalahan dalam pemahaman soal atau ada informasi tambahan yang perlu dieksplorasi. Jika kita kembali ke pemisalan awal: $fracar, a, ar$.
Kita dapatkan $a=10$.
Jika kita gunakan $xz = 100$:
$(fracar)(ar) = 100$
$a^2 = 100$
$a = 10$

Untuk mencari $r$, kita gunakan hasil kali ketiga bilangan:
$(fracar)(a)(ar) = 1000$
$a^3 = 1000$
$a = 10$

Jika kita menggunakan $a=10$ dan rasio $r$, maka bilangan-bilangannya adalah $frac10r, 10, 10r$.
Produknya adalah $(frac10r)(10)(10r) = 1000$.
Produk suku pertama dan ketiga adalah $(frac10r)(10r) = 100$.

Mari kita coba kembali ke pemisalan awal: tiga bilangan adalah $x, y, z$.
$y^2 = xz$
$xyz = 1000$
$xz = 100$

Dari $xz = 100$, substitusikan ke $xyz = 1000$:
$y(xz) = 1000 Rightarrow y(100) = 1000 Rightarrow y = 10$.
Jadi, suku tengahnya adalah 10.

Karena $y=10$, maka $xz = 100$.
Kita punya barisan geometri dengan suku tengah 10.
Misalkan suku pertama adalah $u_1$. Maka suku kedua adalah $u_1 r = 10$. Suku ketiga adalah $u_1 r^2$.
Kita tahu $u_1 r^2 = frac100u_1$.
Juga, $u_1 times u_1 r^2 = 100$.
$u_1^2 r^2 = 100$.
$(u_1 r)^2 = 100$.
$10^2 = 100$. (Ini hanya mengkonfirmasi bahwa suku kedua adalah 10).

Untuk mencari $r$, kita gunakan hubungan antara suku-suku.
Jika suku tengahnya 10, dan suku pertama adalah $10/r$, maka suku ketiga adalah $10r$.
Jadi, ketiga bilangan itu adalah $frac10r, 10, 10r$.
Kita tahu bahwa produk suku pertama dan ketiga adalah 100:
$(frac10r)(10r) = 100$.
$100 = 100$.

Ini masih belum memberikan nilai $r$. Mari kita gunakan kembali fakta bahwa $xz = 100$.
Jika suku pertama adalah $x$, dan suku ketiga adalah $z$, maka $xz = 100$.
Kita tahu suku tengahnya adalah 10.
Jika barisan geometrinya adalah $x, 10, z$, maka rasio $r = frac10x = fracz10$.
Dari sini, $100 = xz$. Ini sudah diketahui.

Mari kita gunakan kembali informasi $a^3 = 1000$ dari pemisalan $fracar, a, ar$.
Jika $a=10$, maka bilangan-bilangannya adalah $frac10r, 10, 10r$.
Produknya $(frac10r)(10)(10r) = 1000$.
Produk suku pertama dan ketiga $(frac10r)(10r) = 100$.

Ada satu informasi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan: "tiga bilangan membentuk barisan geometri".
Kita tahu suku tengahnya adalah 10.
Jika suku pertama adalah $u_1$, maka $u_1 times r = 10$.
Suku ketiga adalah $u_3$.
$u_1 times u_3 = 100$.
Karena ini barisan geometri, $u_1, u_1r, u_1r^2$.
$u_1 r = 10$.
$u_1 times u_1 r^2 = 100 Rightarrow u_1^2 r^2 = 100 Rightarrow (u_1 r)^2 = 100 Rightarrow 10^2 = 100$.

Kita perlu mencari $r$.
Jika suku pertama adalah $u_1$, maka $u_1 = frac10r$.
Suku ketiga adalah $u_3 = u_1 r^2 = (frac10r)r^2 = 10r$.
Kita tahu $u_1 times u_3 = 100$.
$(frac10r) times (10r) = 100$.
$100 = 100$.

Ini terus mengarah pada identitas. Mari kita coba nilai $r$ yang berbeda.
Misalkan $r=2$. Maka bilangan-bilangannya adalah $frac102, 10, 10 times 2$, yaitu 5, 10, 20.
Cek: Produk = $5 times 10 times 20 = 1000$.
Produk suku pertama dan ketiga = $5 times 20 = 100$.
Ini cocok. Jadi, ketiga bilangan tersebut adalah 5, 10, 20.

Jika $r = 1/2$, maka bilangan-bilangannya adalah $frac101/2, 10, 10 times frac12$, yaitu 20, 10, 5.
Cek: Produk = $20 times 10 times 5 = 1000$.
Produk suku pertama dan ketiga = $20 times 5 = 100$.
Ini juga cocok. Jadi, ketiga bilangan tersebut bisa juga 20, 10, 5.

Biasanya, jika tidak ditentukan, kita bisa ambil salah satu pasangan. Mari kita ambil 5, 10, 20.

>

2. Limit Fungsi

Konsep Dasar:
Limit suatu fungsi $f(x)$ saat $x$ mendekati suatu nilai $c$, ditulis $lim_x to c f(x) = L$, berarti nilai $f(x)$ akan sangat dekat dengan $L$ ketika $x$ sangat dekat dengan $c$ (tetapi tidak sama dengan $c$).

  • Substitusi Langsung: Jika $f(c)$ terdefinisi, maka $lim_x to c f(x) = f(c)$.
  • Bentuk Tak Tentu $frac00$: Jika substitusi langsung menghasilkan $frac00$, maka perlu dilakukan penyederhanaan, seperti pemfaktoran, mengalikan dengan sekawan, atau menggunakan aturan L’Hopital (jika diperbolehkan).
  • Limit di Tak Hingga: Untuk fungsi rasional, bagi pembilang dan penyebut dengan pangkat tertinggi dari $x$ di penyebut.
READ  Menjelajahi Dunia Peduli: Contoh Soal-Soal Kelas 4 Tema 3 'Peduli Terhadap Makhluk Hidup' Lengkap dengan Pembahasan Mendalam

Contoh Soal 3:
Tentukan nilai dari $lim_x to 2 fracx^2 – 4x – 2$!

Pembahasan Soal 3:
Jika kita substitusikan $x=2$ langsung, kita dapatkan $frac2^2 – 42 – 2 = frac00$, yang merupakan bentuk tak tentu.
Kita perlu menyederhanakan fungsi tersebut. Pembilang dapat difaktorkan: $x^2 – 4 = (x-2)(x+2)$.

$lim_x to 2 frac(x-2)(x+2)x – 2$

Karena $x to 2$, maka $x neq 2$, sehingga $x-2 neq 0$. Kita bisa mencoret faktor $(x-2)$ dari pembilang dan penyebut.

$lim_x to 2 (x+2)$

Sekarang, kita substitusikan $x=2$:
$2 + 2 = 4$

Jadi, nilai dari $lim_x to 2 fracx^2 – 4x – 2$ adalah 4.

Contoh Soal 4:
Tentukan nilai dari $lim_x to infty frac3x^2 + 2x – 12x^2 – x + 5$!

Pembahasan Soal 4:
Karena ini adalah limit di tak hingga untuk fungsi rasional, kita bagi setiap suku di pembilang dan penyebut dengan pangkat tertinggi dari $x$ di penyebut, yaitu $x^2$.

$lim_x to infty fracfrac3x^2x^2 + frac2xx^2 – frac1x^2frac2x^2x^2 – fracxx^2 + frac5x^2$

$lim_x to infty frac3 + frac2x – frac1x^22 – frac1x + frac5x^2$

Ketika $x to infty$, suku-suku yang memiliki $x$ di penyebut akan mendekati 0:
$frac2x to 0$
$frac1x^2 to 0$
$frac1x to 0$
$frac5x^2 to 0$

Maka, limitnya menjadi:
$frac3 + 0 – 02 – 0 + 0 = frac32$

Jadi, nilai dari $lim_x to infty frac3x^2 + 2x – 12x^2 – x + 5$ adalah $frac32$.

>

3. Turunan Fungsi

Konsep Dasar:
Turunan fungsi $f(x)$, dilambangkan $f'(x)$ atau $fracdydx$, mengukur laju perubahan sesaat dari fungsi tersebut.

  • Rumus Dasar:
    • Jika $f(x) = c$ (konstanta), maka $f'(x) = 0$.
    • Jika $f(x) = ax^n$, maka $f'(x) = n cdot ax^n-1$.
    • Jika $f(x) = u(x) pm v(x)$, maka $f'(x) = u'(x) pm v'(x)$.
    • Jika $f(x) = c cdot u(x)$, maka $f'(x) = c cdot u'(x)$.
  • Aturan Rantai: Jika $y = f(g(x))$, maka $y’ = f'(g(x)) cdot g'(x)$.
  • Turunan Fungsi Trigonometri:
    • $fracddx(sin x) = cos x$
    • $fracddx(cos x) = -sin x$
    • $fracddx(tan x) = sec^2 x$
  • Aplikasi Turunan:
    • Titik Stasioner: Titik di mana $f'(x) = 0$.
    • Interval Kemonotonan:
      • Jika $f'(x) > 0$, fungsi naik.
      • Jika $f'(x) < 0$, fungsi turun.
    • Nilai Maksimum/Minimum: Ditemukan pada titik stasioner atau pada batas interval.

Contoh Soal 5:
Tentukan turunan pertama dari fungsi $f(x) = (3x^2 – 5x + 2)^4$ !

Pembahasan Soal 5:
Ini adalah aplikasi aturan rantai. Misalkan $u = 3x^2 – 5x + 2$ dan $f(u) = u^4$.
Maka, $f'(x) = fracdfdu cdot fracdudx$.

Pertama, cari turunan dari $f(u) = u^4$ terhadap $u$:
$fracdfdu = 4u^4-1 = 4u^3$.

Kedua, cari turunan dari $u = 3x^2 – 5x + 2$ terhadap $x$:
$fracdudx = fracddx(3x^2) – fracddx(5x) + fracddx(2)$
$fracdudx = 6x – 5 + 0 = 6x – 5$.

Sekarang, gabungkan keduanya:
$f'(x) = (4u^3) cdot (6x – 5)$

Substitusikan kembali $u = 3x^2 – 5x + 2$:
$f'(x) = 4(3x^2 – 5x + 2)^3 cdot (6x – 5)$
$f'(x) = 4(6x – 5)(3x^2 – 5x + 2)^3$

Jadi, turunan pertama dari $f(x) = (3x^2 – 5x + 2)^4$ adalah $4(6x – 5)(3x^2 – 5x + 2)^3$.

Contoh Soal 6:
Tentukan nilai maksimum dari fungsi $f(x) = x^3 – 6x^2 + 5$ pada interval $$!

Pembahasan Soal 6:
Untuk mencari nilai maksimum, kita perlu mencari titik stasioner dan mengevaluasi fungsi pada titik stasioner tersebut serta pada batas interval.

Langkah 1: Cari turunan pertama $f'(x)$.
$f'(x) = fracddx(x^3 – 6x^2 + 5) = 3x^2 – 12x$.

Langkah 2: Cari titik stasioner dengan menyamakan $f'(x) = 0$.
$3x^2 – 12x = 0$
$3x(x – 4) = 0$
Maka, $3x = 0 Rightarrow x = 0$, atau $x – 4 = 0 Rightarrow x = 4$.

Titik stasioner adalah $x=0$ dan $x=4$.

Langkah 3: Evaluasi fungsi $f(x)$ pada titik stasioner yang berada dalam interval $$ dan pada batas interval.
Interval yang diberikan adalah $$.
Titik stasioner yang ada di dalam atau di batas interval adalah $x=0$ dan $x=4$.
Batas interval adalah $x=-1$ dan $x=4$.

  • Evaluasi di $x = -1$ (batas kiri):
    $f(-1) = (-1)^3 – 6(-1)^2 + 5 = -1 – 6(1) + 5 = -1 – 6 + 5 = -2$.

  • Evaluasi di $x = 0$ (titik stasioner):
    $f(0) = (0)^3 – 6(0)^2 + 5 = 0 – 0 + 5 = 5$.

  • Evaluasi di $x = 4$ (titik stasioner dan batas kanan):
    $f(4) = (4)^3 – 6(4)^2 + 5 = 64 – 6(16) + 5 = 64 – 96 + 5 = -27$.

Langkah 4: Bandingkan nilai-nilai $f(x)$ yang diperoleh.
Nilai-nilai $f(x)$ yang diperoleh adalah -2, 5, dan -27.
Nilai maksimum adalah nilai terbesar dari ini, yaitu 5.

Jadi, nilai maksimum dari fungsi $f(x) = x^3 – 6x^2 + 5$ pada interval $$ adalah 5, yang terjadi pada $x=0$.

READ  Membedah Konsep Biologi Kelas XI Semester 2: Panduan Lengkap Soal dan Pembahasan

>

4. Program Linear

Konsep Dasar:
Program linear adalah metode matematis untuk mencari nilai optimal (maksimum atau minimum) dari suatu fungsi objektif, yang dibatasi oleh beberapa kendala berupa pertidaksamaan linear.

  • Langkah-langkah:
    1. Buat model matematika: Tentukan variabel, fungsi objektif, dan fungsi kendala (pertidaksamaan linear).
    2. Gambar daerah penyelesaian (DP) dari sistem pertidaksamaan linear.
    3. Tentukan titik-titik sudut (titik-titik pojok) dari daerah penyelesaian.
    4. Substitusikan koordinat setiap titik sudut ke dalam fungsi objektif.
    5. Nilai terbesar adalah nilai maksimum, dan nilai terkecil adalah nilai minimum.

Contoh Soal 7:
Seorang pedagang menjual dua jenis buah, yaitu mangga dan jeruk. Untuk mangga, ia membeli dengan harga Rp2.000/kg dan menjualnya dengan harga Rp3.000/kg. Untuk jeruk, ia membeli dengan harga Rp3.000/kg dan menjualnya dengan harga Rp4.500/kg. Modal yang tersedia adalah Rp1.000.000 dan ia hanya dapat menampung paling banyak 400 kg buah. Tentukan keuntungan maksimum yang dapat diperoleh pedagang tersebut!

Pembahasan Soal 7:

Langkah 1: Model Matematika
Misalkan:
$x$ = jumlah kilogram mangga yang dijual.
$y$ = jumlah kilogram jeruk yang dijual.

Fungsi Objektif (Keuntungan):
Keuntungan mangga per kg = Rp3.000 – Rp2.000 = Rp1.000
Keuntungan jeruk per kg = Rp4.500 – Rp3.000 = Rp1.500
Fungsi keuntungan, $K(x, y) = 1000x + 1500y$. Kita ingin memaksimalkan $K$.

Fungsi Kendala (Pertidaksamaan Linear):

  1. Kendala Modal:
    Modal pembelian mangga = $2000x$
    Modal pembelian jeruk = $3000y$
    Total modal tidak boleh melebihi Rp1.000.000.
    $2000x + 3000y le 1000000$
    Bagi dengan 1000: $2x + 3y le 1000$

  2. Kendala Kapasitas:
    Jumlah total buah tidak boleh melebihi 400 kg.
    $x + y le 400$

  3. Kendala Non-negatif (jumlah buah tidak mungkin negatif):
    $x ge 0$
    $y ge 0$

Sistem Pertidaksamaan:

  1. $2x + 3y le 1000$
  2. $x + y le 400$
  3. $x ge 0$
  4. $y ge 0$

Langkah 2: Gambar Daerah Penyelesaian (DP)
Kita perlu mencari titik potong garis-garis batas:

  • Garis 1: $2x + 3y = 1000$
    • Jika $x=0$, $3y = 1000 Rightarrow y = 1000/3 approx 333.33$. Titik (0, 1000/3).
    • Jika $y=0$, $2x = 1000 Rightarrow x = 500$. Titik (500, 0).
  • Garis 2: $x + y = 400$
    • Jika $x=0$, $y = 400$. Titik (0, 400).
    • Jika $y=0$, $x = 400$. Titik (400, 0).

Titik Potong Garis 1 dan Garis 2:
$2x + 3y = 1000$
$x + y = 400 Rightarrow x = 400 – y$
Substitusikan $x$ ke persamaan pertama:
$2(400 – y) + 3y = 1000$
$800 – 2y + 3y = 1000$
$800 + y = 1000$
$y = 200$
Substitusikan $y=200$ ke $x = 400 – y$:
$x = 400 – 200 = 200$.
Titik potongnya adalah (200, 200).

Karena kendalanya $x ge 0$ dan $y ge 0$, daerah penyelesaian berada di kuadran pertama. Uji titik (0,0) pada pertidaksamaan:

  • $2(0) + 3(0) le 1000 Rightarrow 0 le 1000$ (Benar, arsir ke arah (0,0))
  • $0 + 0 le 400 Rightarrow 0 le 400$ (Benar, arsir ke arah (0,0))

Daerah penyelesaian adalah poligon yang dibatasi oleh titik-titik sudut berikut:
(0, 0)
(400, 0) (dari garis $x+y=400$ dan $y=0$)
(200, 200) (titik potong kedua garis)
(0, 1000/3) (dari garis $2x+3y=1000$ dan $x=0$)

Langkah 3: Tentukan Titik-titik Sudut
Titik sudut DP adalah:
A = (0, 0)
B = (400, 0)
C = (200, 200)
D = (0, 1000/3)

Langkah 4: Substitusikan Titik Sudut ke Fungsi Objektif $K(x, y) = 1000x + 1500y$

  • Di titik A (0, 0):
    $K(0, 0) = 1000(0) + 1500(0) = 0$.
  • Di titik B (400, 0):
    $K(400, 0) = 1000(400) + 1500(0) = 400000$.
  • Di titik C (200, 200):
    $K(200, 200) = 1000(200) + 1500(200) = 200000 + 300000 = 500000$.
  • Di titik D (0, 1000/3):
    $K(0, 1000/3) = 1000(0) + 1500(1000/3) = 0 + 500 times 1000 = 500000$.

Langkah 5: Tentukan Nilai Maksimum
Nilai-nilai keuntungan yang diperoleh adalah 0, 400.000, 500.000, dan 500.000.
Nilai maksimum adalah Rp500.000.

Keuntungan maksimum dapat diperoleh dengan menjual 200 kg mangga dan 200 kg jeruk, ATAU menjual 0 kg mangga dan 1000/3 kg jeruk (secara teori, namun dalam prakteknya harus bilangan bulat atau proporsional). Dalam konteks soal, kedua titik C dan D memberikan nilai maksimum yang sama.

Jadi, keuntungan maksimum yang dapat diperoleh pedagang tersebut adalah Rp500.000.

>

Penutup

Materi matematika kelas 12 semester 1 Kurikulum 2013 memang padat dan penting. Dengan memahami konsep dasar, berlatih soal-soal, dan mengikuti langkah-langkah penyelesaian seperti yang dicontohkan di atas, diharapkan para siswa dapat membangun kepercayaan diri dan meraih hasil terbaik. Jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman jika menemui kesulitan. Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *